Rabu, 21 Desember 2011

Wisata ; Ciwidey - Bandung


Bingung cari tempat bagus kalau lagi berwisata di daerah Bandung ? Aku punya rekomendasi tempat wisata menarik nih buat dikunjungi. Ciwidey, Bandung. Siapa sih yang nggak tahu Ciwidey? Pasti nya kalian semua tahu dong. Ciwidey ini terkenal banget sama kebun strawberry-nya. Disini kalian bisa pilih strawberry sesuka hati, alias petik sendiri. Harga strawberry-nya itu berkisar antara 35 – 45 ribu per kilogram.
Di Ciwidey, kalian nggak cuma menikmati buah strawberry yang segar-segar saja , tetapi juga bisa berkunjung ke tempat wisata Kawah Putih.  HTM nya cukup terjangkau loh guys. Hanya sekitar Rp. 16.000,- saja, tetapi buat kalian yang ingin menuju Kawah Putih dengan mobil pribadi, kalian harus menyiapkan uang Rp. 150.000,- untuk bayar HTM mobil kesayangan kalian. Kalau aku saranin sih, kalian naik kendaraan yang sudah disiapkan sama pengelola Kawah Putih saja, supaya biaya yang dikeluarkan lebih murah. Hehehe.
Tempat wisata kawah putih ini dulunya adalah sebuah pabrik belerang (Zwavel Ontgining Kawah Putih) yang ditemukan oleh seorang Belanda bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn saat mengadakan perjalanan ke kawasan Gunung Patuha tahun 1837. Lebih dari seabad yang lalu, gunung tersebut dianggap angker oleh penduduk setempat karena merupakan tempat bersemayamnya arwah para leluhur serta merupakan pusat kerajaan bangsa jin. Karenanya bila ada burung yang lancang berani terbang di atas kawasan tersebut, akan jatuh dan mati. Meskipun demikian, orang belanda yang satu ini tidak begitu percaya akan ucapan masyarakat. Ia kemudian melanjutkan perjalanannya menembus hutan belantara di gunung itu untuk membuktikan kejadian yang sebenarnya terjadi di kawasan tersebut. Namun sebelum sampai di puncak gunung, Junghuhn tertegun menyaksikan pesona alam yang begitu indah dihadapannya, dimana terhampar sebuah danau yang cukup luas dengan air warna putih kehijauan. Dari dalam danau itu keluar semburan lava serta bau belerang yang menusuk. Dan dari situlah awal mula berdirinya pabrik belerang kawah putih.
Alam pemandangan disekitar kawah putih ini cukup indah; dengan air danau berwarna putih kehijauan, sangat kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau tersebut. Di sebelah utara danau berdiri tegak tebing batu kapur kelabu yang ditutupi lumut dan tumbuhan lainnya.
Oh ya guys, daerah wisata kawah putih ini juga pernah dijadikan tempat shootingnya Acha Septriasa dan kawan-kawan dalam film Heart loh. Penasaran kan gimana indahnya tempat itu? Jadi jangan lupa buat kalian yang sedang berwisata di daerah Bandung, luangkan waktu kalian untuk mengunjungi wisata Kawah Putih ini. Dijamin gak akan nyesel deh ^_^

2 komentar:

Unknown mengatakan...

HTM itu apa ya?

Aini mengatakan...

Jalan-jalan ke kota ternate yuk jika butuh mobil hubungi kami di website >>>>>> https://ainirentalternate.blogspot.com/

Posting Komentar